Inovasi dan kolaborasi menjadi kunci dalam upaya meningkatkan kualitas serta daya saing industri di era modern, dengan semakin meningkatnya tuntutan akan industri yang mampu menjawab kebutuhan di era industri 4.0. Hadirnya industri 4.0 semakin mendukung terjadinya kolaborasi yang menjadi syarat utama dalam upaya mengoptimalkan daya saing industri.
Dengan semangat serta kesadaran untuk berkolaborasi, Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Bahan dan Barang Teknik (BBSPJIBBT) atau dikenal sebagai Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T) selaku Unit pelaksana teknis dibawah Badan Standardisasi dan Kebijakan dan Jasa Industri (BSKJI) Kementerian Perindustrian, mengusung acara Tepang Taun B4T (Temu Pelanggan Tahunan B4T) dengan mengusung tema “Peran Penting Jasa Industri Dalam Meningkatkan Daya Saing Industri”, Kegiatan ini dilaksanakan di The Trans Luxury Hotel, pada Kamis 31 Maret, serta turut dihadiri oleh Kepala BSKJI, Bapak Doddy Rahadi, serta segenap pengguna jasa layanan B4T dari BUMN dan Swasta.
“Tepat pada tanggal 15 Maret 2022 lalu, B4T telah genap melayani dunia industri (tanah air) selama 113 tahun, acara Tepang Taun ini tidak hanya diskusi antara pelanggan dengan B4T semata tapi juga menjadi momentum penting untuk menguatkan sinergi antara B4T dan pelaku dunia industri dalam upaya meningkatkan daya saing industri secara nasional maupun global, Disamping itu acara ini diharapkan dapat melecut semangat dan komitmen B4T untuk terus mengoptimalkan layanan sehingga dapat memenuhi kebutuhan nasional dan menjawab tantangan-tantangan yang ada, pembangunan industri nasional yang berdaya saing menuntut sinergi dan kolaborasi yang kuat diantara kita sekalian para pemangku kepentingan” Ungkap Menteri Perindustrian, Bapak Agus Gumiwang Kartasasmita dalam cuplikan video sambutannya.’
“Salah satu jasa industri yang potensinya cukup besar adalah jasa Sertifikasi, Pengujian, Inspeksi, dan Kalibrasi. Dapat kami informasikan bahwa BSKJI memiliki 24 unit satuan kerja yang memiliki kompetensi sebagai laboratorium pengujian, laboratorium kalibrasi, sertifikasi, jasa pelatihan teknis, jasa konsultansi industri, jasa rancang bangun dan rekayasa industry, jasa inspeksi teknis dan unit jasa penanganan pencemaran industri yang kita harapkan dapat membantu melakukan audit teknologi dalam rangka mendorong pemanfaatan penggunaan produk dalam negeri. Dan semua layanan ini tersedia di B4T.” Menurut Kepala BSKJI Kemenperin, Bapak Doddy Rahadi
“Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Bahan dan Barang Teknik atau B4T saat ini telah memberikan berkontribusi dan layanan kepada pelanggan dan industri sejak tahun 1909. Di usia yang telah menginjak 113, B4T terus bergerak dinamis, berkembang dan secara berkelanjutan memperluas lingkup layanannya seiring dengan perkembangan industri, teknologi, standar dan harapan dari pelanggan. Di tengah tantangan daya saing pada era globalisasi saat ini, B4T sebagai salah satu satker BLU memiliki komitmen memberikan layanan dengan semangat SPEED Sinergi, Profesional, Efektif Efisien, dan Digitalisasi yang diharapkan B4T juga dapat dengan bergerak cepat dalam beradaptasi, bertransformasi, berinovasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan atau industry yang sangat dinamis.” Ujar Bapak Wibowo Dwi Hartoto, Kepala B4T.
Tepang taun B4T diikuti oleh 65 pelanggan B4T dari berbagai industri seperti industri elektronika, industry manufaktur, industry semen, industry petrokimia dan pelaku usaha yang mewakili sekitar 2000 pelanggan B4T tahun 2021. Dalam Acara ini B4T turut memperkenalkan layanan jasa industri terbaru di B4T guna menjawab kebutuhan industri, adapun inovasi layanan jasanya meliputi layanan pengujian Radio Frequency (RF) yang menjadi layanan unggulan B4T dalam menjamin mutu produk elektronika, lalu layanan Pengujian Lampu Luminer dalam menjamin mutu produk LED dan lampu, selanjutnya layanan pelatihan pengelasan dalam air atau Underwater Welding guna menjawab kebutuhan akan tenaga pengelasan yang handal, terampil, dan tersertifikasi dengan pengakuan internasional sesuai dengan tuntutan pasar tenaga pengelasan yang global, penambahan lingkup ini pun menambah kualifikasi B4T sebagai Authorized Training Body (ATB-B4T) yang terakreditasi secara internasional dalam sertifikasi tenaga pengelasannya, lalu layanan Inspection Reability and Remaining Lifetime Assessment dalam memberikan layanan realibilitas dalam inspeksi untuk produk Boiler atau ketel uap dengan skala kebutuhan industri pabrik dan manufaktur secara nasional, selain itu layanan sertifikasi ISO 270001 standar sistem manajemen keamanan informasi yang krusial dalam perkembangan industri 4.0, serta layanan penyedia bahan acuan yang turut mendukung upaya substitusi impor untuk bahan acuan pengujian pada laboratorium kalibrasi. Dalam Acara ini, turut disampaikan pula pelanggan B4T peraih pengghargaan Pelanggan Terbaik Tahun 2021 yang diraih oleh PT. Pacific Lubritama.
Reporter: Rd. Anton Julianto Pramono
Editor: Rian Trijayana